Wednesday, March 07, 2007

Cerita dari ruangan no.1

Cerita dari Ruang Diskusi 1

Ada 10 orang disana
Di ruangan berukuran 3 x 4 meter itu
5 laki-laki
dan 5 perempuan
3 etnis cina, 1 keturunan arab dan 6 orang Indonesia asli, walaupun ada satu yang suka ngerasa dirinya bule…

Cuma ada sebuah meja panjang dirunagan itu yang dikelilingi sebelas buah kursi yang nyaman. Sebuah AC yang selalu aja terasa terlalu dingin untuk semua yang ada diruangan itu

Sebuah papan tulis kecil yang penuh tulisan, coretan dan bagan menunjukkan betapa serunya diskusi yang terjadi disana…

Disamping papa tulis itu ada sebuah rak buku yang dilengakapi pintu kaca…tak satu pun buku terdapat didalamnya, hanya beberapa alat tulis yang tercecer dan otomatis jadi inventaris kelompok itu

Saat diskusi berjalan, satu persatu anggota kelompok itu menyampaikan bagian yang sudah ia baca, kadang ada pertanyaan dari yang lainnya, kadang ada sanggahan,kadang ada tambahan, kadang semua diam saja, entah karena sudah mengerti, mengantuk, atau sama sekali tidak mnegerti.

Terkadang mereka berebut untuk berbicara...merasa diri mereka yang paling tahu. Kadang tak ada satu pun yang berani bicara…atau hanya ada bisikan-bisikan antar teman yang duduknya bersebelahan.

Saat ada suatu hal yang membingungkan atau tidak dimengerti, kadang mereka mendiskusikannya lebih lanjut kalau sedang mood, kalau tidak mereka hanya akan menjadikan hal tersebut PR yang tak pernah dikerjakan, dan tetap menjadi misteri sampai hari ujian nanti.

Hanya sebuah cerita dari ruang diskusi satu…masih banyak cerita lainnya…yang dibumbui dengan senyum, tawa atau malah omelan sebal, saat salah satu anggota kelompok tidak mengerjakan tugasnya dengan baik.

Sungguh mereka bukan yang terbaik
Tapi setidaknya ini yang terbaik yang bisa mereka lakukan

Masih banyak yang harus diceritakan…

Monday, 5 March 2007
11: 47 AM

No comments: