Saturday, December 08, 2007

So..let me do it my way...

"I'm thankful for today..."

"I know you always take all the positive sides from this life...I know you do."

Begitulah aku akhiri hari itu. Dalam pembicaraan di dalam mobil seorang teman, kala langit di luar sana mulai gelap dan lampu-lampu jalanan mulai menyilaukan mataku yang terasa sangat berat ini. Sudah lama tak pulang malam…

Hari itu aku belajar memaafkan diriku sendiri. Kenapa begitu sulit? Kenapa aku harus percaya bahwa orang-orang di luar sana lebih baik daripada mereka yang setia berada disini…padahal ternyata ketika aku berada disini, ada begitu banyak hal yang bisa ku kerjakan daripada berada di luar sana bersama orang-orang itu…dan lucunya lagi saat kutanya seorang teman tentang apa yang ia sebenarnya lakukan di luar sana, teman itu cuma menjawab…”menghabiskan waktu”

Ya, menghabiskan waktu mereka di sana, dengan kegiatan yang jauh lebih tidak bermanfaat, setidaknya menurutku. Tadinya kupikir mereka memang sesibuk itu, sepenting itu. Ternyata mereka tak lebih dari orang-orang yang mencari kesibukan, demi perasaan untuk diakui bahwa mereka telah melakukan sesuatu dalam hidup mereka, bahkan sebenarnya waktu mereka tetap saja terbuang percuma. Bukan hal yang buruk memang, tapi bukan juga yang paling baik.

Pontang-panting diluar sana…aku jadi bertanya apa mereka cari? Karena satu-satunya yang kutangkap dari pembicaraan mereka, yang mereka cari adalah popularitas…heh, kupikir itu omomg-kosong…tapi omong-kosong itu lah yang mereka wujudkan…tapi ya sudahlah kalau itu pilihan mereka. Setidak kini ku tahu, aku sungguh bukan bagian dari mereka. Bukan karena tak mampu menjadi ‘sehebat’, tapi lebuh karena aku juga bisa menjadi ‘hebat’ dengan caraku sendiri. Yups, why don’t I let my self doing it my way….kenapa begitu sulit?

Dikala mereka berusaha membuat bumi ini terus berputar, dunia tetap ada dan waktu terus berjalan dengan melakukan ‘hal besar’ di luar sana, aku memutuskan memulainya dari sini, dari hal yang kelihatannya lebih kecil, jauh lebih kecil, dan mungkin nyaris tak berarti, bahkan tak pernah terpikirkan bagi mereka.

Ya aku memutuskan untuk berada disini, cukup disini. Hanya untuk memastikan bahwa kehidupan di dunia kecil ku ini berjalan dengan baik. Memastikan bahwa selalu ada air di dispenser, nasi di magic jar, udara segar dan sinar matahari pagi di setiap ruangan, dan lampu yang menerangi di malam hari.

Memastikan bahwa ikan-ikan di kolam tak kelaparan, memastikan air terjun kolam menyala agar ikan-ikan itu tak kehabisan udara segar, memastikan tanaman-tanaman di taman tak kekeringan, memastikan rumput di halaman selalu rapi, memastikan anggrek-anggrek Mami terawat dan tak terserang penyakit, memastikan anggrek-anggrek spesies asli Indonesia itu tak menjadi semakin langka.

Cukup dengan, memastikan pasien-pasien Dad mendapat pelayanan dan informasi yang terbaik, memastikan Pak Pos tak kecewa karena rumah kosong, memastikan para penagih (keamanan, kebersihan..dll) tidak terhambat tugasnya, memastikan Mami tidak khawatir kalau adikku akan berada sendirian di rumah, memastikan pintu rumah terkunci. Atau sesekali memastikan lantai rumah tidak kotor, kamar mandi selalu bersih, koran tidak menumpuk, dan tempat sampah tidak penuh….

Sesekali membantu adik-adik mengerjakan tugas sekolahnya, membantu belajar adikku yang mau ujian (walau kadang sambil marah-marah…hehe), lalu memastikan Mami tidak meninggalkan HP nya, memastikan sepatu Mam dan Dad bersih mengkilap,memastikan Dad menikmati segelas the hangat di pagi hari serta bekal makan siang yang sehat, dan terkadang memastikan keluarga kami ini menikmati jus buah segar di pagi atau sore hari.

Atau memastikan kelompok punya bahan untuk diskusi, memastikan pembagian tugas dan diskusi berjalan lancar…memastikan kami semua bisa belajar dengan baik.

Ya…memang cuma itu. Namun sepertinya aku sudah memaafkan diriku sendiri karena aku hanya bisa melakukan hal-hal kecil itu…Oh, satu lagi, memastikan aku bisa bermanfaat bagi orang lain, dengan caraku sendiri…dan sungguh aku tak menginginkan ‘hal besar’ di luar sana…

10: 48AM, 25 May 2007

No comments: